<

Mahasiswa UMM Mengalami Tindak Kekerasan

      


Pernyataan Sikap Aliansi Gondrong UMM — 3 Mei 2018 merupakan momentum satu tahun Aliansi Gondrong UMM memperjuangkan hak-hak mereka yang telah dikebiri oleh pihak kampus, UMM. Dalam kurun waktu satu tahun tersebut, tidak ada realisasi dari janji Rektor untuk menghapus SK Rektor No. 5 Tahun 2007, yang mengatur terkait masalah penampilan mahasiswa, khususnya masalah rambut.

Menurut kami, hal ini pantas untuk diperjuangkan karena akibat dari lahirnya SK a quo, mahasiswa UMM menjadi sangat rentan untuk didiskriminasi, baik didalam ruang akademik; tidak dapat mengikuti ujian bagi mahasiswa berambut gondrong, maupun untuk mendapatkan fasilitas kampus; larangan mengakses Perpustakaan untuk mahasiswa berambut gondrong.

Atas dasar tersebut, Aliansi Gondrong UMM kembali melakukan aksi untuk menyampaikan aspirasi dan juga menagih janji manis Rektor, serta mengecam segala bentuk diskriminasi terhadap mahasiswa berambut gondrong yang dilakukan oleh birokrat kampus, dosen, maupun sesama mahasiswa.

Namun, dalam aksi ini, Aliansi Gondrong UMM mendapat penghadangan dari pihak satpam kampus. Represifitas berupa dorongan hingga cekikan terhadap masa aksi juga dilakukan oleh satpam kampus. Satpam juga bertindak tidak etis dengan mengajak taruhan masa aksi akan keberadaan Rektor.

Untuk itu, Aliansi Gondrong UMM menyatakan sikap:
1. Meminta pihak Rektorat untuk segera memenuhi janjinya untuk menghapus SK Rektor No. 5 Tahun 2007,
2. Meminta kepada seluruh elemen kampus untuk tidak melakukan diskrimansi terhadap mahasiswa berambut gondrong dengan cara apapun, baik didalam maupun diluar ruang akademik,
3. Mengecam tindakan represif yang dilakukan oleh Satpam kepada masa aksi,
4. Menghimbau kepada seluruh mahasiswa UMM, baik yang terlibat dalam Aliansi Gondrong UMM maupun tidak, untuk menjaga solidaritas dan membangun kekuatan gerakan dalam mengawal segala bentuk kebijakan yang dikeluarkan oleh pihak kampus yang tidak berpihak kepada mahasiswa.

Seperti rezim Orde Baru, ketika gondrong dianggap kriminal dan otoritas atas individu dibatasi, maka pemberontakan akan segera datang. Selamat datang di Kampus Putih, rasa Orba!

Tumbuh subur rambut panjang!
Kami ada dan berlipat ganda!

(Sumber : istimewa)

.

KONTAK REDAKSI MAHASISWA INDONESIA:

Ruko Paskal Hyper Square Blok C29 lantai 2-3

JL. Pasir kaliki NO. 25-27, Bandung

© 2018 Oleh PT Media Abhiseva Indonesia

SOSIAL MEDIA:

Official Account Line: @mahasiswa.co.id

Instagram : mahasiswa.co.id

Facebook : mahasiswa.co.id

Twitter : @mahasiswacoid