<
Jokowi: Indonesia Berharap Hasil KTT AS dan Korut Dapat Berkontribusi Dalam Perdamaian Dunia

Jokowi: Indonesia Berharap Hasil KTT AS dan Korut Dapat Berkontribusi Dalam Perdamaian Dunia

 


Jakarta, Mahasiswa Indonesia – Presiden Republik Indonesia menyambut baik pertemuan yang dilakukan dua orang pimpinan dari dua negara besar di dunia, yaitu pertemuan antara Amerika Serikat dan Korea Utara, yaitu Donald Trump dan Kim Jong-Un.
“Indonesia menyambut baik dan mendukung berlangusngnya KTT Amerika Serikat dan Korea Utara pada hari ini di Singapura,” ucap mantan Walikota Solo saat memberikan keterangan pada Selasa (12/6).
Selain itu, Jokowi juga menyampaikan harapannya, termasuk harapan Indonesia terhadap pertemuan bersejarah yang dilakukan oleh dua negara yang selama ini saling sindir dan mengancam.
“Dan kita berharap hasil KTT ini dapat memberikan kontribusi bagi perdamaian, baik di kawasan Semenanjung Korea, di kawasan kita (Indonesia), maupun bagi perdamaian dunia. Saya kira harapannya itu,” ungkapnya berharap.
KTT yang dilaksanakan di Singapura tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan yang dikutip dari kantor berita Reuters, yaitu:

1. AS dan DPRK berkomitmen untuk membentuk hubungan baru AS-DPRK sesuai keinginan rakyat kedua negara akan perdamaian dan kemakmuran.

2. AS dan DPRK akan menggabungkan upaya-upaya mereka untuk membangun perdamaian yang abadi dan stabil di Semenanjung Korea.

3. Menegaskan kembali Deklarasi Panmunjom 27 April 2018 lalu, DPRK berkomitmen untuk bekerja menuju denuklirisasi penuh Semenanjung Korea.

4. AS dan DPRK berkomitmen untuk menemukan jasad-jasad para tahanan perang/yang hilang dalam tugas, termasuk pemulangan segera jasad-jasad yang telah teridentifikasi.
(mli)


TAG(S): JOKOWI, KORUT, USA



.