<
Tips Menghadapi Tes CPNS

Tips Menghadapi Tes CPNS

      


Infografik:

Mahasiswa! Sudah wisuda mau ngapain? Lanjut S2? Istirahat dulu? Atau daftar kerja? Nih simak tips untuk kamu yang berniat untuk daftar jadi Pegawai Negeri Sipil.

  1. Pilih lowongan yang tepat

Hal paling utama untuk menentukan lolos atau engganya kita di tes cpns yang pertama adalah pilih lowongan yang tepat. Apa aja kira-kira? Pertama, kita harus pilih kuota jurusan yang dirasa cukup banyak peluangnya buat kita. Selanjutnya buat daftar Instansi atau Lembaga beserta bidangnya yang buka lowongan cukup “banyak” itu.

Kalau sudah punya beberapa list pilihan, mulai pilih lowongan yang paling sesuai dengan kita. Perkirakan kemampuan kita cocoknya ke mana. Contohnya, dengan backgroundnya marketing swasta dan notabene tidak paham detail pemerintahan, saya pilih Bidang Sumber daya Manusia (SDM) karena pasti nggak jauh beda dengan Human Resources (HR) di swasta. Alasan kedua, lowongan tersebut hanya untuk 2 jurusan, Adm Negara dan Hukum. Ini juga jadi bahan pertimbangan karena makin banyak jurusan maka makin banyak “musuh” kita.  Kita juga harus bijak dalam memilih lowongan. Jangan jadikan alasan “kerjaannya lebih keren” atau “remunerasi besar” sebagai penentui pilihan lowongan kerja.

  1. Pelajari CAT

Niatkan diri kita buat belajar Computer Assisted Test (CAT). Setidaknya ini bagian dari usaha, bukannya Tuhan menuntut kita ikhtiar? Hehehe. Cara mempelajarinya banyak, mulai dari beli buku panduan soal lolos CPNS, download e-book soal-soal tes di internet, sampai buka youtube “tips lolos tes CAT”. Saya orang yang pilih download e-book dan buka youtube. Pertama saya buka youtube liat bentuk soalnya dan pastinya jawabannya. Bayangkan kalau kita nggak ngerti apa-apa harus cari satu-satu jawaban tiap soal di internet, mending belajar di youtube kan?

Kalau sudah mulai paham, coba kerjakan soal dari ebook. Tips saya, pelajari yang paling kalian nggak bisa aja. Seperti saya mempelajari TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) karena kurangnya di situ. Setidaknya lolos passing grade-nya dulu. Selanjutnya, mulai kerjakan CAT dari bentuk tes paling akhir yaitu TKP (Tes Karakteristik Pribadi) karena paling mudah dan nggak makan waktu, lalu lanjut TWK dan TIU (Tes Intelegensi Umum). TIU terakhir karena ini soal hitungan dan makan waktu. jangan sampai kita kehabisan waktu mengerjakan TIU saja karena dikerjakan di awal. Tips lainnya, kalau kita nggak tau jawabannya atau ragu, jawab saja asal. Soal yang dijawab asal tadi dicatat nomornya, jadi kalau masih ada sisa waktu, kita baca-baca lagi siapa tau ada ilham hahaha.

  1. Wawancara

Tips untuk wawancara adalah menjadi diri sendiri. Saya bukan tipikal orang yg buka-buka kaskus, telegram atau grup whatsapp lowongan CPNS. Kenapa? Kita jadi lebih tau medan perang duluan, dan kalo yang kurang percaya diri bisa “jiper” liat musuh padahal belum tentu dia lebih hebat. Tipsnya, selain cari tau lowongan yg kita pilih, kita juga harus tau kemampuan kita lebihnya di mana, coba gali lebih dalam. Insya Allah kalau kita yakin dan siap interviewer juga kesemsem kok.

  1. Selalu berdoa dan minta restu orang tua

Kalau niat kita udah bulat mau lolos tes CPNS ini, jangan lupa berdoa dan minta restu orang tua (saya tiap berangkat kerja selalu pamit dan minta doa untuk lolos haha). Mungkin klise tapi saya rasa ketika usaha sudah gigih, percaya tinggal Allah yg menentukan😊

Alhamdulillah, ternyata saya lolos di bagian SDM Kementerian Sekretariat Negara. Good luck untuk yang mau coba nantinya!

Penulis yang lolos tes CPNS

Penulis : Mohammad Reza, S. AP.


TAG(S): CPNS, TIPS



.