<

Bikin Perizinan Usaha Gak Perlu Lama Cukup 1 Jam , Menko Perekonomian Luncurkan Sistem Baru

 


Bandung, Mahasiswa Indonesia- tak bisa dipungkiri lagi membuat sebuah perizinan usaha memang sangat memakan waktu yang lama paling sebentar 3 hari bahkan sampai dengan 1 minggu.

Namun sekarang kementrian perekonomian mengeluarkan sebuah sistem baru yang bisa memudahkan serta mempercepat proses pembuatan perizinan.

Sistem baru tersebut dinamakan dengan Layanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau sistem Online Single Submission (OSS), sistem ini telah diresmikan untuk bisa beroperasi untuk pemenuhan pelayanan masyarakat.

Layanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (PBTSE), telah hadir dan diresmikan secara langsung oleh menteri perekonomian Darmin Nasution di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (9/7) pagi.

Sistem OSS diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2018, diresmikan nya sistem ini untuk memberikan kemudahan, kecepatan dan ekonomis terhadap masyarakat khususnya pelaku usaha dalam segala proses perizinan usaha.

“Izin berusaha akan didapat oleh pelaku usaha dalam waktu kurang dari satu jam,” tegas Darmin.

Sistem OSS ini, jelas Menko Perekonomian, mulai dibangun sejak Oktober 2017 sebagai pelaksanaan dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha, dan telah mengadakan uji coba konsep di tiga lokasi, yaitu: Purwakarta, Batam dan Palu.

Pemerintah dalam hal ini Kementrian Perekonomian terus berbenah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, salah satunya dengan memberikan kemudahan, kecepatan dan biaya yang murah tidak hanya itu pemerintah dengan adanya sistem ini juga mendorong para pelaku usaha untuk terus berkembang dan membantu kemajuan sebuah negara. (Irsan)

Setkab.go.id

gambar: Merdeka

.

TAG(S): 1 JAM, MENKO, PERIZINAN



KONTAK REDAKSI MAHASISWA INDONESIA:

Ruko Paskal Hyper Square Blok C29 lantai 2-3

JL. Pasir kaliki NO. 25-27, Bandung

© 2018 Oleh PT Media Abhiseva Indonesia

SOSIAL MEDIA:

Official Account Line: @mahasiswa.co.id

Instagram : mahasiswa.co.id

Facebook : mahasiswa.co.id

Twitter : @mahasiswacoid