<

Pura-Pura Miskin, 78 Ribuan Pendaftar SMA di Jateng Dicoret!

      


Bandung, Mahasiswa Indonesia – Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) memang selalu ditunggu-tunggu para pelajar yang memasuki jenjang pendidikan baru. Segala macam usaha dilakukan agar berhasil masuk sekolah yang diinginkannya. Hal ini dimanfaatkan oleh tidak sedikit pendaftar untuk berbuat curang. Di Jawa Tengah, ada 78.065 pendaftar yang memalsukan SKTM untuk lolos PPDB tingkat SMA dan sederajat.

Kejadian ini langsung diketahui oleh ketika Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat melakukan inspeksi mendadak di kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. Semua pendaftar yang terbukti berbuat curang langsung dicoret namanya.

Dinas pendidikan memliki data bahwa pendaftar di SMA negeri yang tercatat menggunakan SKTM sebanyak 62.456 orang dan ironisnya, pendaftar yang benar-benar siswa miskin ada sekitar 26.507 pendaftar. Sedangkan untuk di SMK negeri sebanyak 86.436 pendaftar menggunakan SKTM dan yang lolos ada 44.320 pendaftar.
“Sekarang dari 62.456 (pendaftar di SMA negeri) yang menggunakan SKTM yang lolos 26.507, sebagian besar coret,” jelas Ganjar di kantor Dinas Pendidikan Jateng, Jalan Pemuda, Semarang, Selasa (10/7/2018), dikutip dari detik.com.

Ganjar mendapatkan penemuan ini saat melihat kejanggalan dari pendaftar yang menggunakan SKTM di suatu sekolah yang mencapai 60% bahkan 90%. Ganjar menilai bahwa ada sekolah yang kurang ketat dalam melakukan verifikasi.

“Sebenarnya teman-teman di daerah sudah banyak yang melakukan verifikasi dan bagus, namun ada juga yang kurang serius. Hari ini full saya perintahkan untuk verifikasi,” lanjutnya.
Di sisi lain, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jateng, Gatot Bambang Hastowo mengaku bahwa dirinya sudah meminta kepala sekolah untuk melakukan verifikasi. Proses hukumnya pun sudah bekerja sama dengan pihak kepolisian.

“Ya bekerjasama dengan Polsek atau Polres setempat, untuk menjelaskan karena yang lebih paham tentang aturan hukumnya. Seperti SMA1 Boyolali, ternyata setelah orangtua dikumpulkan, ada yang menarik SKTM-nya,” jelas Gatot. (mli)

gambar: breakingnews

.

KONTAK REDAKSI MAHASISWA INDONESIA:

Ruko Paskal Hyper Square Blok C29 lantai 2-3

JL. Pasir kaliki NO. 25-27, Bandung

© 2018 Oleh PT Media Abhiseva Indonesia

SOSIAL MEDIA:

Official Account Line: @mahasiswa.co.id

Instagram : mahasiswa.co.id

Facebook : mahasiswa.co.id

Twitter : @mahasiswacoid