<
Aksi Tolak Uang Pangkal Yang Mahal Oleh Bem UPI, Berakhir Ricuh Ini Kronologi Versi Ketua Bem UPI

Aksi Tolak Uang Pangkal Yang Mahal Oleh Bem UPI, Berakhir Ricuh Ini Kronologi Versi Ketua Bem UPI

 


Bandung, Mahasiswa Indonesia- Sejumlah Mahasiswa yang tergabung kedalam Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (BEM UPI), menggelar aksi untuk menolak uang pangkal jalur mandiri yang dinilai terlalu mahal. Senin 9/7/18

Aksi menolak uang pangkal Seleksi Mandiri (SM) UPI, uang pangkal SM UPI ini menjadi isu klasik yang setiap tahun selalu di tolak oleh Mahasiswa, karena di rasa memberatkan dan merampas hak pendidikan masyarakat.

aksi dengan banner

Menurut Ketua BEM UPI yang dikutip dari akun line pribadinya, pasalnya uang pangkal SM UPI ini berjumlah kisaran 15-30 Juta Rupiah, jumlah yang sangat besar dan telah membuat Calon Mahasiswa UPI tidak jadi kuliah dikarenakan mahalnya biaya.

Aksi massa ini dimulai dengan keliling Fakultas dan lingkungan Kampus UPI untuk mentransfer keresehan kepada Mahasiswa lainya agar tergerak untuk berjuang bersama menolak uang pangkal SM UPI dan di akhiri menuju di gedung Isola kantornya Rektor serta pimpinan UPI lainnya.

aksi dengan banner

Di gedung Rektorat, Mahasiswa sholat dzuhur berjamaah sekaligus doa bersama agar Rektor di berikan hidayah uktuk menghapuskan uang pangkal SM UPI.

Setelah itu, Mahasiswa bergantian menyampaikan orasi dan aspirasinya kepada Rektorat, Namun sampai sore tiba pihak Rektorat tidak ada itikad baik untuk menemui Mahasiswa.
Sehingga ini mengundang kegelisahan buat peserta aksi dan akhirnya Presiden Mahasiswa UPI Muhammad Fauzan Irvan masuk ke dalam Gedung Rektorat dan menyampaikan orasi dan keresahanya di dalam gedung Rektorat menggunakan Toa.

Di dalam Gedung Rektorat tiba tiba Presiden BEM Rema UPI di pukul dan di tendang oleh salah satu staf Rektorat UPI sampai terjatoh dan terpental dengan alasan menghina Rektor.

aksi dengan banner

Padahal apa yang di sampaikan Presiden BEM Rema UPI sama sekali tidak ada yang menghina Rektor, yang di sampaikan murni substansi dari aspirasi Mahasiswa terkait uang pangkal SM UPI ini.

Tentu, tindakan ini telah mencoreng kebebasan berdemokrasi dan berpendapat di lingkungan kampus Gerakan Mahasiswa harus bersatu melawan segala bentuk represifitas kepada Gerakan Mahasiswa.

Kronologi Aksi Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang berujung ricuh dan dan sempat terjadi pemukulan dan tendangan kepada Ketua Bem UPI dikeluarkan oleh akun resmi Ketua Bem UPI Fauzan Irvan.

(Irsan)
Sumber : istimewa


TAG(S): AKSI, UANG PANGKAL, UPI



.