<
Ini Dia Penyebab Dinginnya Bandung Akhir-Akhir Ini!

Ini Dia Penyebab Dinginnya Bandung Akhir-Akhir Ini!

 


Bandung, Mahasiswa Indonesia – Menurut pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung, dinginnya suhu Kota Bandung akhir-akhir ini mencapai 16 derajat celsius.

Menurut Peneliti Cuaca dan Iklim BMKG Provinsi Jawa Barat Muhamad Iid Mujtahiddin, hal ini disebabkan oleh musim dingin di Australia terutama bagian barat yang suhu udara minimumnya mencapai 5 hingga 6 derajat.

Pola prakiraan angin pun berada di satu km di atas permukaan laut yang biasanya pada periode musim kemarau adalah angin pasat tenggara dari arah Benua Australia, terutama massa udara yg membawa udara dingin dari Australia bagian barat.

“Sehingga prakiraan pola angin ini berkontribusi juga terhadap penjalaran dan penurunan suhu udara di wilayah Bandung dan sekitarnya,” katanya seperti dikutip dari Kantor Berita Antara.

Terjadinya badai “SHANSHAN” yang terjadi di Samudera Pasifik bagian barat yang menyebabkan kondisi angin relatif kencang dengan kecepatan mencapai antara 36-50 km/jam. Maka dari itu, perlu diantisipasi adanya beberapa potensi kerusakan alam.

Menurutnya hal ini berpengaruh terhadap perkiraan tingginya gelombang laut pada titik maksimum, utamanya di perairan sebelah selatan Jawa Barat yang diperkirakan mencapai 4 meter.

“Diimbau kepada nelayan untuk tidak melaut terlebih dahulu sambil menunggu kondisi gelombang relatif aman,” tambah Iid. (li)

gambar: kumparan


.