<
Panjat Pinang dan Hut Kemerdekaan Indonesia!

Panjat Pinang dan Hut Kemerdekaan Indonesia!

 


Bandung, Mahasiswa Indonesia- Momen memperingati hari kemerdekaan yang dilaksanakan setiap tanggal 17 Agustus, banyak dilalui dengan berbagai kegiatan salah satunya dengan berbagai macam perlombaan unik ciri khas Hut Kemerdekaan Indonesia.

Berbagai perlombaan unik yang paling menjadi Ikonik perayaan momen 17 Agustus yakni, Panjat Pinang perlombaan yang cukup melegenda disetiap perayaan 17 Agustus memang sudah tidak asing lagi, untuk masyarakat Indonesia dalam memperingati hari kemerdekaan.

Panjat pinang adalah satu perlombaan yang dilakukan menggunakan batang pohon pinang, yang diatur secara vertikal dengan beberapa hadiah diatas puncak pohon pinang.

Namun setiap peserta lomba panjat pinang tidak akan mudah mencapi puncak, dikarenakan pohon pinang terlebih dahulu dilumuri oli atau bahan pelicin lain nya.

Setelah dengan susah payah para peserta bekerja sama atara peserta satu dan peserta lainnya, barulah mereka bisa mencapai puncak dan memetik hadiah yang sudah disediakan.

Lomba panjat pinang merupakan sebuah perlombaan yang mengharuskan kerjasama team untuk meraih tujuan.

Lalu dari mana dan dimulai dari kapan Panjat Pinang menjadi salah satu perlombaan yang menjadi Ikonik di setiap perayaan Hut Republik Indonesia ?

Panjat pinang bisa dikatakan sebagai tradisi tertua dan menjadi ikonik Indonesia.

Panjat pinang pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia, oleh para penjajah belanda dengan maksud hiburan.

Para penjajah Belanda pada waktu itu, memasang pohon pinang dan menonton para pribumi mencoba meraih hadiah.

Hadiah yang dipasang pada waktu itu berupa, makanan, keju, gula, tepung dan pakaian.

Memang tidak lah berarti hadiah pada kalau melihat pada waktu sekarang namun, pada waktu penjajahan memang hadiah seperti itu sangatlah menarik untuk didapatkan.

Banyak penilaian yang beragam dari perlombaan panjat pinang.

Ada sebagain orang yang menyebutkan bahwa lomba panjat pinang memiliki sebuah arti perjuangan dan kerjasama, dengan penjelasan bahwa setiap orang yang ingin mencapai sebuah tujuan tertentu harus melewati perjuangan yang tak mudah.

Namun ada sebagian orang yang menilai, perlombaan panjat pinang merupakan sebuah perlombaan yang merendahkan martabat orang Indonesia.

Irsan gie


.