<
Hanya Pesilat Ini yang Mampu Buat Jokowi dan Prabowo Berpelukan

Hanya Pesilat Ini yang Mampu Buat Jokowi dan Prabowo Berpelukan

 


Bandung, Mahasiswa Indonesia – Dalam hiruk pikuk politik di Indonesia, terutama momentum Pilpres 2019 yang menduelkan Jokowi dan Prabowo, pemandangan unik terjadi saat pesilat Hanifan Yudani Kusumah membuat kedua tokoh itu berpelukan.

“Sensasinya terharu. Pertama-tama, saya kenapa harus mempererat seperti itu, karena Indonesia harus saling menghargai karena banyak di socmed kan saling mencerca Prabowo-Jokowi. Tapi sisi lain tidak seperti itu, makanya dengan pencak silat (sebagai) budaya bangsa Indonesia, saya mempererat silaturahmi kita,” kata Hanifan.

Hanifan menyatukan Jokowi dan Prabowo dalam sebuah pelukan usai ia merebut medali emas setelah ia mengalahkan pesilat Vietnam Nguyen Thai Linh.

Ia yang kegirangan berkeliling membawa bendera Merah-Putih kemudian menghampiri area kursi VVIP. Ia mencari kesempatan untuk bersalaman dengan orang-orang di sana termasuk Jokowi. Posisi Jokowi yang tak jauh dari Prabowo, orang berikutnya yang ia jabat tangannya, membuatnya berkeinginan untuk berpelukan dengan keduanya secara bersamaan.

“Biar tahu masyarakat Indonesia, Prabowo dan Jokowi tidak ada apa-apa. Hanya itu orang-orang yang sirik karena kesuksesan mereka. Saya sebagai insan silat Indonesia bahwa silat itu artinya silaturahmi. Jadi kita harus jaga menjaga hati kita sama-sama. Kita satu bangsa, satu negara, masak kita harus terpecah-belah karena hal tidak penting,” ungkap Hanifan.

Di sisi lain, Jokowi mengapresiasi pencapaian atlet pencak silat Indonesia yang berhasil merebut 14 medali emas selama Asian Games 2018. Ia pun menyempatkan untuk menyampaikan terima kasihnya kepada Prabowo Subianto.

“Pertama, saya hadir di sini ucapkan terima kasih, yang kedua ingin memberikan selamat untuk teman baik saya, sahabat saya, Pak Prabowo Subianto, yang mengomandani,” tutur Jokowi.

Menurut Jokowi, Prabowo yang merupakan Ketum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) memiliki peran yang besar atas prestasi atlet-atletnya.

Begitu juga Prabowo, ia mengapresiasi tokoh-tokoh yang hadir termasuk Jokowi. Ia mengatakan bahwa masyarakat merasa gembira karena kekeluargaannya.

“Masyarakat gembira kita satu keluarga,” ucap Prabowo. (mli)


.