<
Hari Tani Nasional, Mahasiswa di beberapa daerah menggelar aksi demo

Hari Tani Nasional, Mahasiswa di beberapa daerah menggelar aksi demo

      


Bandung, Mahasiswa Indonesia – Tepat pada hari ini ialah peringatan hari tani nasional, Mahasiswa di beberapa daerah menggelar aksi demo.Di Bogor misalnya dari Fakultas Pertanian Universitas Pertanian Universitas Djuanda melakukan demo.

Bagian Korlap aksi demo Try Sumarno menjelaskan menuntut pemerintah untuk secepat mungkin menentukan sikap dalam mewujudkan sikap untuk kedaulatan pangan nasional dan bertanggung jawab atas impor pangan.

“Pemerintah harus segera mewujudkan reforma agraria dan mampu untuk mengintegrasikan data pangan nasional, demi tercapainya petani sejahtera,” ujar Try di patung macan Ciawi, Senin (24/9/2018)

Try Sumarno menambahkan, banyaknya polemik agrarian di berbagai daerah menjadi bukti bawa reformasi agrarian tak sejalan dengan UUD Pasal 33 tahun 1994.

Selain di Bogor mahasiswa Aceh pun menggelar aksi demo yaitu mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). Dalam aksinya ini mahasiswa Unsyiah pun menuntut agar pemerintah untuk mewujudkan reformasi agrarian dengan kebijakan yang pro terhadap rakyat.

Menurut salah satu orator dalam aksi demo ini pada hari ini Petani Indonesia banyak yang tertindas padahal jika melihat realita bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya dengan sumber daya pertanian.

“Padahal kita tahu, setiap tahun berton-ton padi dihasilkan oleh petani kita, tapi coba lihat nasib petani kita masih jauh dari kata kesejahtraan. Kita tetap saja impor beras,” ujat salah satu orator. (AZ)

Sumber : Tribune news dan Serambi


.