<
Bertemu Jokowi, HMI Minta Senturi Dijalankan

Bertemu Jokowi, HMI Minta Senturi Dijalankan

 


Bandung, Mahasiswa Indonesia – Beberapa perwakilan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang diwakili oleh peserta sekolah pimpinan HMI beserta pengurus besar HMI yang dipimpin oleh Ketua Umum Pengurus Besarnya Respiratori Saddam Al-Jihad bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Presiden Bogor, Jumat (5/10/2018).

Presiden yang juga didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Wali Kota Bogor Bima Arya.

Presiden bersama Ketua Umum Pengurus Besar HMI memberikan pidatonya bergantian. Ketua umum PB HMI Saddam mengutarakan sembilan poin penting yang disebut “Senturi” Sembilan tuntutan rakyat. Tuntutan ini menurut Saddam berdasar pada kebutuhan rakyat Indonesia pada saat ini yang harus diselesaikan oleh pemerintah dan Sembilan poin ini juga telah menjadi kajian HMI.

“Ada sebuah gagasan yang dalam pengantar ini ingin kami sampaikan. Kami menyebutnya Senturi, Sembilan Tuntutan Rakyat Indonesia. Gagasan besar ini kami kaji bersama-sama di HMI,” Ujar Saddam.

Adapun Sembilan Tuntutan Rakyat yang diutarakan oleh Saddam ini yaitu :

1. Menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dengan melibatkan stake holder dan menekankan agar Indonesia tidak berutang kepada IMF dan World Bank.
2. Membangun kembali penguatan reformasi sistem keamanan untuk menangkal radikalisme dan terorisme.
3. Menelaah kembali kebijakan terkait berkembangnya Tenaga Kerja Asing (TKA) agar tercipta penyeimbangan antara TKA dengan peran tenaga kerja lokal.
4. Menekankan kepada pemerintah untuk melakukan penguatan kedaulatan energi terhadap perusahaan-perusahaan asing di Indonesia.
5. Menekankan terciptanya holding pangan di Indonesia agar kedaulatan pangan dapat terjaga dengan keberlanjutan pangan Indonesia.
6. Menekankan pemerintah untuk melakukan penegakan supremasi hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), baik di KPK, Kejaksaan, dan Polisi demi menjaga marwah NKRI.
7. Memperkuat pemerataan pendidikan demi menghasilkan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) demi terciptanya nation character building.
8. Menekankan pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan di Indonesia.
9. Mendorong terciptanya open government demi keterbukaan informasi publik di setiap instansi pemerintah dan politik. (AZ)


TAG(S): HMI, JOKOWI, SENTURI



.