<
Gebrakan Baru BPH HI Unpad Gelar Seminar On Cyberterorism -

Gebrakan Baru BPH HI Unpad Gelar Seminar On Cyberterorism -

      


Di era globalisasi informasi saat ini, banyak negara, termasuk negara-negara anggota ASEAN, sangat bergantung pada pemanfaatan cyberspace dan internet terutama dalam aspek ekonomi, bisnis, akademik, sosial, politik, pemerintahan, pertahanan dan keamanan.

Fenomena cyberspace menggambarkan realitas bahwa aktivitas dalam masyarakat modern saling berhubungan di dunia maya. Dari perspektif cybersecurity, tujuan penggunaan internet mungkin juga mencakup penyalahgunaan untuk tujuan negatif atau destruktif oleh individu dengan niat buruk, aktor non-negara dan negara, termasuk kelompok teroris. Seperti yang kita ketahui, berbagai fasilitas yang tersedia di Internet dapat digunakan untuk mengganggu, merusak, dan melumpuhkan infrastruktur penting atau mengancam kepentingan nasional suatu negara, bahkan untuk menyebarkan ideologi radikalisme, ekstrimisme dan terorisme.

Untuk itu, Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Padjajaran (Hima HI Unpad) menggelar seminar yang bertajuk “Seminar On Cyberterorism”. Tujuannya sebagai mencegah dan mengkampanyekan untuk melawan terorisme.

Acara “Seminar On Cyberterorism” yang digelar oleh BPH HI UNPAD merupakan gebrakan baru untuk melakukan pencegahan terhadap upaya-upaya kejahatan atau penyalahgunaan Cyber, acara ini berlangsung Hotel Holiday Inn, Jalan Dr. Djunjunan, Kota Bandung, Jumat (7/12/2018).

Pembina acara sekaligus dosen di FISIP UNPAD, Affabile Rifawan mengatakan kegiatan tersebut merupakan satu diantara upaya pihaknya melawan terorisme khususnya di internet.

“Kegiatan ini merupakan upaya mengkampanyekan mahasiswa melawan terorisme, satu diantaranya melalui siber atau penggunaan internet, ini salah satu cara untuk mencegah penyusupan tersebut,” ucapnya, Holiday In, Jalan Pasteur, Kota Bandung, Jum’at, (7/12).

Ia mengharapkan, mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan tersebut. mensosialisasikan kembali informasi yang didapat dari seminar tersebut, untuk mencegah siber terorisme.

“Harapannya peserta nantinya bisa mengkampanyekan juga kepada sahabat-sahabatnya atau keluarganya, terkait melawan terorisme khususnya di bidang siber,” ungkap Affabile.

Disinggung kampus-kampus rentan terpapar faham radikalisme yang bermuara pada faham terorisme, Affabile meyakini di lingkungan kampus UNPAD tidak ada hal tersebut. Namun, ia menambahkan faham radikalisme menjadi musuh bersama kampus-kampus yang ada di Indonesia.

“Di kampus manapun paham Radikalisme itu yang berujung terorisme rentan, tapi kami mencoba melawannya satu diantaranya menggelar acara ini,” pungkasnya

Selain itu, ditemui ditempat yang sama Ketua BPH Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional Unpad (HIMA HI), Ancellmus Mario mengatakan, dirinya sangat bangga dan senang dengan antusiasme para peserta di “Seminar On Cyberterorism”.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan edukatif seperti ini akan mampu membuka wawasan dan sikap berpikir kritis dalam menanggapi setiap isu yang beredar, dengan demikian, maka kita tidak akan mudah terpengaruh oleh isu isu yang tidak benar adanya,” Ucap Ancel

Lanjut Ancel, saya sebagai ketua BPH HI Unpad turut mengucapkan terimakasih kepada seluruh keluarga besar Fisip Unpad, khususnya Program Studi Hubungan Internasional,  yang telah bekerja tanpa lelah untuk mensukseskan seminar tersebut.

 

Irsan_Gie


.